Tips

Empat Amalan Wajib di Bulan Ramadhan.

Thohirin
Ditulis oleh Thohirin

98_jombloo-idolaSelamat datang bulan Ramadhan. Selamat datang bulan yang penuh berkah.

Sebagai salah satu bulan yang paling diutamakan dalam Islam, sejak kecil guru saya sering mengatakan, bahwa bulan Ramadhan adalah bulan memanen bagi umat Islam. Pahala ditingkatkan menjadi dua kali lipat, bulan ketika para pekerja akan mendapat THR—meski para pedagang warteg harus mendapat penurunan omzet—dan yang paling ditunggu-tunggu, apalagi kalau hari kemenagan nanti. Lebih daripada itu, bulan Ramadhan memang menyimpan aura tersendiri.

Namun, sebagai bulan spesial, saya masih belum percaya bahwa Ramadhan adalah bulan spesial bagi kaum fakir asmara alias jomblo. Buktinya, waktu berbuka yang menjadi waktu yang paling ditunggu, bagi jomblo mungkin menjadi petaka. Di saat banyak yang mendapat ucapan selamat berbuka, ucapan apa yang diterima jomblo? ah sudahlah.

Lalu, amalan apa yang harus dilakukan jombloo di bulan yang penuh berkah ini?

  1. Jangan Membeli Sirup Marjan

Dibanding bulan-bulan biasanya, di bulan ramadhan, ucapan selamat dari kekasih mungkin akan terus membanjiri handphone: “Selamat berbuka sayang,” “Sahurnya pake apa sayang,” “Ini udah maghrib lho, jangan lupa makan ya, biar salat tarawihnya kuat sampe akhir nggak lemes”. Bahkan, tak jarang di antara mereka dibuatkan masakan kemudian berbuka bersama.

Tapi nahas, di kala sepasang kekasih terus memupuk rasa cintanya di bulan ini, kaum fakir asmara justru harus melewatinya dengan penuh perjuangan. Ya, penuh perjuangan. Bagaimana tidak, jangankan dibuatkan masakan, membangunkan sahur atau berbuka puasa, yang ada justru mendapat sindiran dari Sirup Marjan setiap kali penayangan iklannya.

Ah, yang benar saja kalau Sirup Marjan tidak tahu bahwa bagi mereka yang sudah punya pasangan akan terus saling mengucapkan selamat di waktu sahur dan berbuka. Nah, kalau saya pikir yang dilakukan Sirup Marjan menggambarkan kebersamaan di bulan Ramadhan itu adalah sindiran bagi kaum jomblo.

Eh, ngomong-ngomong saya bukan mau manas-manasin lho ya, cuma  mau mengingatkan saja. Cepatlah cari pendamping. Satu lagi, untuk Ramadhan tahun ini saya sarankan tak usah dulu  membeli Sirup Marjan.

  1. Sewa Jasa Ucapan Buka Puasa dan Sahur

Hehe…ini bisa jadi jalan keluar kalau kamu sudah tak tahan dengan kesepian. Eh, tapi bener lho seperti yang dibilang Dewa 19 dalam lagunya “kosong”, situasi yang paling tidak menyenangkan di dunia ini itu kalau sudah merasa sepi. Bahkan, di tengah keramaian sekalipun.

Di dalam keramaian aku masih merasa sepi

Sendiri memikirkan kamu,

Bahkan kita pun sudah tahu, bagaiman rezim Orde Baru menghilangkan nyawa Presiden Soekarno, kan? Ya, diasingkan. Nah, sebagai solusi, tidak salah jika sewa jasa pelayanan ucapan selamat berbuka dan sahur. Enggak usah jauh-jauh lho, jombloo.co menyediakan jasa itu. adapun paketnya bisa dilihat di timeline twitter. Heuheu..

  1. Jangan Lupa Baca Quran

Saya setuju apa yang diajarkan agama, sebaik-baik obat di kala hati gundah salah satunya adalah baca Quran. Seriuasan lho. Apalagi ini bulan puasa, pahala bisa dilipatgandakan pula. Jadi, selain bisa menenangkan hati yang sedang kesepian, dengan membaca Quran hati kita juga tenang.

Nah, belakangan sedang ribut metode mengkhatamkan Quran dengan istilah ODOJ (one day one juz).  Kamu bisa pakai salah satu metode ODOJ agar membaca Quran tidak terlalu berat. Bisa pakai jurus Kebo yang baca Qurannya tidak kenal waktu. Kamu bisa baca Quran di mana saja dan kapan saja. Atau bisa juga pakai cara kura-kura, 1-2 ayat tapi sering.

Tapi kalau boleh saya sarankan sih, di antara banyak jurus ODOJ, kamu boleh pakai jurus apa saja kecuali kura-kura. Buka apa-apa, saya takut saja kalau filosofi kura-kura berimbas pula pada kisah asmaramu.  Ya, apalagi kalau bukan terus-terusan njombloo karena manuvermu yang lambat itu. huh..

  1. Cepatlah Cari Pasangan

Bagaimanapun cara menghilangkan derita kisah asmaramu, wahai jamaah jombloo yang ramhati Allah, cara paling solutif adalah cepatlah mencari pasangan. Ya, cara yang terakhir ini adalah jalan keluar yang paling brilian untuk menghilangkan virus sepi yang tidak bisa hijrah dalam hidupmu.

Tidak usah takut. Karena lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali. Ditolak. Mbiribik lagi. Ditolak. Mbiribik lagi. Dan seterusnya. Maka kau akan menjadi jombloo sejati. Haha..tidak. Becanda.

Eh, tapi ini serius lho. Karena mencari pacar itu ibarat kau melempar koin. Kita tidak bisa menebak perempuan atau laki-laki yang sedang kita incar. Kita hanya bisa berusaha dan berpikir realistis. Selebihnya, biar Tuhan yang menentukan. Lho ya masa, kamu sudah berusaha maksimal masih belum juga dikaruniai seorang kekasih. Bukankah Tuhan maha adil? O ya, yang terakhir jangan lupa berdoa yak.

Satu lagi, sebenarnya perasaaan saya beberapa hari ini sedang bahagia. Bukan, bukan karena saya juga mendapat angin segar akan melepas status jombloo, tapi rekan saya, yang tidak lain adalah striker jombloo.co sebentar lagi akan mendapat ucapan selamat berbuka dan sahur. Yup, Anda benar. Bung Aditia Purnomo tidak lama lagi sepertinya akan melabuhkan hatinya pada salah satu wanita. Selamat.

Tentang Penulis

Thohirin

Thohirin

Mantan jomblo yang hampir kesepian. Sudah dua kali ditinggal nikah. Kini menjadi pria kesayangan mantan. Meyakini, bahwa jomblo adalah warga negara yang patut dilindungi dan dibela.