Berita dan Artikel

Kisah Cinta Mahasiswa IT

Fakhruddin
Ditulis oleh Fakhruddin

Kalau denger kata IT mayoritas kita pasti menganggap bahwa mahasiswa IT adalah orang yang serba canggih. Iya bro kalau soal title sih canggih, tapi gimana soal kisah cinta? Ternyata mahasiswa punya reputasi sendiri soal kisah cinta.

Pada semester pertama mahasiswa akan dicekokin masalah angka biner. Ini mata kuliah baper banget. Dikit-dikit ngomongin pasangan 0 dan 1, padahal mahasiswanya sendiri pada jomblo. Akhirnya jadilah mata kuliah ini jadi mata kuliah paling baper dikampus. Setelah lulus mata kuliah ini bukannya seneng tapi malah mikir, lhawong komputer saja butuh sepasang angka untuk menjalani hidup sebagai komputer yang sempurna.

Jadi kalau masih jomblo tanpa pasangan, pasti hidup akan error ya minimal akan mati muda alias ngehang sebelum shutdown dan akhirnya minta restart. Dan ketika restart jika pasangan belum juga ada, ya ngehang lagi. Mau hidup nggak error, cari pacar!

Lanjut semester dua, pada semester ini sudah mulai dikenalkan kode-kode program, atau aktivitasnya disebut coding. Ya Allah, setelah baper mbahas pasangan 0 dan 1 yang nggak bisa dipisahkan, sekarang bahas kode. Padahal dari semester I udah ngirim kode ke gebetan, tapi nggak pernah dapet respon.

Saran sih kalau kode masih salah atau ada tanda merah jangan dirunning bro, bisa-bisa bikin perasaan makin ancur karena bisa jadi komputer yang jadi korban. Kaya hidup juga gitu, kalau kode ke gebetan belum hijau dan nekat ngerunning (baca : nembak) ya siap-siap aja hidup akan penuh pengorbanan gara-gara ditolak mentah-mentah.

Kadang kesalahan atau tepatnya kesombongan mahasiswa IT adalah menggunakan editor program yang nggak ada peringatan kode benar atau salah, jangan jadi spekulan bro! bahaya! Ngirim kode ke gebetan juga gitu, pakai trik misalnya deketin dulu temen-temennya supaya kita dapat gambaran yang jelas mengenai aktivitas “ngoding” ke gebetan apa udah ijo ato masih merah.

Nah semester selanjutnya setelah belajar ngode bisa jadi udah bisa ngode dengan baik dan benar, bisa jadi juga udah nggak baper lagi soal pasangan abadi biner 0 dan 1. Selanjutnya adalah naik ke level belajar PHP.

PHP adalah bahasa pemrograman yang PHP. Gimana nggak, coba aja akses misalnya www.jombloo.co dan klik kanan terus klik view page source, maka akan tampil barisan kode-kode yang indah, lo bakal menyangka bahwa itulah sebenarnya kode yang dikirim. Padahal bukan! Di Server atau jauh di dalam lubuk hatinya tidak ada itu kode seperti itu, itu hanya kamuflase belaka. Begitulah PHP nggak pernah sinkron antara hati dan tampilan. Udah kadung seneng dikasih harapan ternyata itu hanya kamuflase, di server beda dengan tampilan di browser.

Oke tahap selanjutnya adalah tahap pendewasaan. Pada tahap ini mahasiswa IT udah mulai serius nyari pasangan, apa pasal? Ya soalnya udah belajar gimana pasangan abadi 0 dan 1, terus udah belajar ngode juga bahkan udah belajar PHP. Lanjut belajar soal Jaringan. Prinsipnya jaringan harus Reliable dan Aman.

Dalam hubungan juga gitu dibutuhkan sebuah reliabilitas yang tinggi supaya hubungan handal nggak gampang disconnect gara-gara noise atau apapun itu selain itu juga harus aman. Keamanan itu adalah njaga pasangan supaya nggak dimasukin backdoor oleh pembobol cinta.

Kalau hacker sudah nguasai sistem hati pasangan bisa runyam urusan, sistem jadi nggak beraturan. Bisa jadi jika biasanya secara sistem dia ngingetin kita makan atau ngucapin “met bubuk” maka jika hacker udah menyerang lo nggak bakal merasakan itu lagi.

Pada jaringan mahasiswa IT akan belajar routing. Routing ini untuk mengenali jaringan beda segmen. Karena cewek dan cowok itu beda segmen maka lo butuh belajar routing hatinya. Yang penting dari routing adalah gateway, terus apa gateway hati cewek? Gateway-nya adalah temen-temennya, lingkungannya, keluarganya dan mantan-mantannya.

Kalau bisa akses gateway maka harapan untuk mencapai hati gebetan. Tapi jangan seneng juga, walaupun gateway sudah open tapi lihat dulu hatinya firewallnya On apa tidak. Kalau On cek juga lo masuk dalam list “allow” atau “drop”. Kalau “allow” ya selamat, kalau “drop” bilang ke adminnya minta bukain. Siapa admin hati cewek? Adminnya adalah Allah SWT yang maha membuka firewall hati cewek. Berdoalah!

Tentang Penulis

Fakhruddin

Fakhruddin

  • Bani Adam Setiadi

    hihihi IT banget cinta2an-nya

  • maria handayani

    P*O*K*E*R*V*I*T*A
    D.8.E.B.7.E.6.B