Berita dan Artikel

Kangen Puncak, Kangen Kamu, Kangen Jalan-jalan

S. Saputra
Ditulis oleh S. Saputra

Kangen mantan tak selamanya terasa perih. Sebab apa sih yang bikin orang tiba-tiba kangen? Ucapan “selamat pagi” di kotak pesan? Impian untuk menaklukkan dunia bersama? Atau ketika pertama kali kenalan sama orang tuanya? Suasana mesra yang dulu pernah kamu lalui bareng mantan dan rasanya manis itulah, hingga kangen yang kamu rasakan kelewat kurang ajar untuk dirasakan. Kemudian kamu tersenyum pedih karena kadang kangen datang tidak di waktu yang tepat.

Kangen gak turun dari langit, Mbloo. Mungkin saat kamu lagi kangen mantan, di saat yang sama mantanmu juga lagi ngangenin kamu loh. Mungkin gak sih, meski Si Kangen sudah berusaha keras untuk tak mengingatkanmu pada mantan, tapi ia terpaksa datang karena kamu hampir gila gara-gara kesepian akut? Mungkin aja ya kan?Bagaimanapun mantan adalah orang yang pernah mengenalkan kita pada indahnya kemesraan. Walau ia ninggalin kamu karena punya gebetan baru.

Mantan yang baik adalah mantan yang senantiasa mengingatkan kita pada kebahagiaaan.

Pada akhirnya hal apa pun tentang mantan cuma jadi kenangan manis yang tak lagi romantis. Namun, mengingat perjalanan bersama mantan tak haram dilakukan kok.

Berpelukan rapat di atas motor sepanjang jalan raya Puncak, terus ke Curug Cilember hanya untuk main air, basah-basahan mesra, jajan Pop Mie atau jagung rebus. Suap-suapan lucu, foto-foto di bawah kucuran air curug, foto cium kening sambil pegangan tangan dan tak peduli pada orang sekitar. Bisa jadi semua hal itu membuat kamu sulit ngelupain mantan.

Lalu ketika senja menyapa, warung-warung di sekitaran Cibodas jadi pilihan untuk bermalam. Saat lapar datang, kamu dan dia yang dulu jadi pacarmu bisa pesan mie rebus telor ceplok. Atau nasi goreng cinta. Maklum, suasana di puncak kan dingin, enak banget kalau ketemu yang anget-anget.

curug-cilember-jombloodotco

Untuk menuju Curug Cilember di puncak Bogor gak seberat menuju kenangan yang pernah dilewati bareng mantan, Mbloo. Gak serumit pikiran kamu saat kangen dirinya juga. Ada banyak alternatif kendaraan dan jalan menuju ke sana. Banyak bus umum yang lewat Jalan Raya Puncak, mau pakai mobil pribadi atau pakai sepeda motor agar bisa sepik biar dipeluk oleh dia juga bisa.

Jalur menuju puncak terbilang lumayan ekstrim. Sempit dan menukik, persis banget kaya pikiran kamu saat putus dengan pacar, lalu dua minggu kemudian dia sebar undangan pernikahan. Pelik. Ada dua jalur kendaraan dengan arus berlawanan yang rawan terjadi kecelakaan. Tetap berkendara dengan aman ya, Mbloo.

Di Curug Cilember kamu bisa duduk merenung sambil ngangenin mantan di tepian tebing curug. Namun yang perlu kamu perhatikan, Mbloo, saat kangen yang kamu rasain udah gak tebendung, janganlah kamu ikutan terjun bebas ke bawah tebing bareng air matamu yang jatuh dari pelupuk mata. Nanti pas mendarat kamu bisa tinggal nama, Mbloo. Kamu tentu gak ingin nyusahin orang sekitar untuk mengevakuasi dirimu yang dirasa semakin berat untuk diangkat lantaran beban kangen yang kamu bawa ke alam setelah dunia terlalu banyak. Jangan ya mblo, plis jangan.

Jajanan di sekitaran warung Cibodas yang juga bisa dijadikan tempat untuk bermalam pun terbilang murah. Jadi puncak memang tempat yang pas untuk mengajak rindu bicara soal pedih-manis kenangan. Banyak hal bisa kamu temukan di puncak. Soal nanti jadi kenangan manis atau kenangan putus beberapa hari kemudian, itu hal lain yang tak seharusnya ada ketika kamu jalan-jalan.

Sampai jumpa di vakansi berikutnya, Mbloo. Oh iya, kalau mau hangout sendirian, jangan lupa jemuran belum diangkat.

Tentang Penulis

S. Saputra

S. Saputra

Jomblo Traveler. Bervakansi bersama Bahan Piknik, Baik Photograph, dan Theater Adventure. Tim J @jombloodotco.